Minggu, 10 April 2016

Pengangguran dan Kelompok Pengangguran


PENGANGGURAN

Dewasa ini Pengangguran menjadi permasalahan disemua Negara.  Di Indonesia masalah Pengangguran sudah menjadi akar dalam permasalahan ekonomi Indonesia. Pengagguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran juga memberikan dampak social yang buruk, contohnya semakin meningkatnya tindakan criminal dan pelanggaran moral. Jadi, Pengangguran merupakan masalah yang dihadapi setiap Negara dan cenderung  merugikan Negara tersebut.

Sederhananya, PENGANGGURAN adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak.

Menurut Salah satu ahli (Sukirno, 1994).
Pengangguran merupakan suatu ukuran yang dilakukan jika seseorang tidak memiliki pekerjaan tetapi mereka sedang melakukan usaha secara aktif dalam empat minggu terakhir untuk mencari pekerjaan. Pengangguran merupakan suatu keadaan di mana seseorang yang tergolong dalam angkatan kerja ingin mendapatkan pekerjaan tetapi mereka belum dapat memperoleh pekerjaan tersebut


Kelompok Pengangguran Menurut Sukirno (1994)

1.    Berdasarkan penyebabnya pengangguran dapat dibagi empat kelompok :

a. Pengangguran Normal atau Friksional
Pengangguran friksional adalah pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu, informasi dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran pekerjaan
Contohnya : Perpindahan tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor industri, untuk sementara menganggur.

b. Pengangguran Siklikal
Pengangguran siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.
Contohnya : Di suatu perusahaan ketika sedang maju butuh tenaga kerja baru untuk perluasan usaha. Sebaliknya ketika usahanya merugi terus maka akan terjadi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau pemecatan.

c. Pengangguran Struktural
Pengangguran Struktural adalah pengangguran yang disebabkan karena perubahan struktur kegiatan ekonomi. Hal ini disebabkan karena tidak semua industri dan perusahaan dalam perekonomian akan terus berkembang maju, sebagiannya akan mengalami kemunduran. Kemunduran ini disebabkan karena banyak faktor, salah satunya akibat biaya pengeluaran yang sangat tinggi dan tidak mampu bersaing. Maka dari itu untuk menghadapi itu semua, dilakukan perubahan struktur dimana ada sebagian tenaga kerja yang tidak dibutuhkan akibat perubahan ini
Contohnya : Suatu daerah yang tadinya agraris (pertanian) menjadi daerah industri, maka tenaga bidang pertanian akan menganggur.

d. Pengangguran Teknologi
Pengangguran Teknologi adalah pengangguran yang terjadi karena tenaga manusia digantikan oleh mesin industri
Contohnya : sebelum ada penggilingan padi, orang yang berprofesi sebagai penumbuk padi bekerja, setelah ada mesin penggilingan padi maka mereka tidak bekerja lagi.

2.    Berdasarkan cirinya Pengangguran dibagi ke dalam empat kelompok :

a.    Pengangguran Musiman,
Pengangguran Musiman adalah keadaan seseorang menganggur karena
adanya fluktuasi kegiatan ekonomi jangka pendek.
Contohnya : petani yang menanti musim tanam, tukang jualan durian yang menanti musim durian, dan sebagainya.

b.    Pengangguran Terbuka
Pengangguran Terbuka adalah pengangguran yang terjadi karena pertambahan
lapangan kerja lebih rendah daripada pertambahan pencari kerja. 
Contohnya : Seseorang lulusan S1 mesin tapi tidak memperoleh pekerjaan karena lapangan yang belum tersedia sesuai dengan kualifikasinya.

c.     Pengangguran Tersembunyi
Pengangguran Tersembunyi adalah pengangguran yang terjadi karena jumlah
pekerja dalam suatu kegiatan ekonomi lebih besar dari yang sebenarnya
diperlukan agar dapat melakukan kegiatannya dengan efisien.
Contohnya : orang yang melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginannya atau tidak sepadan dengan kemampuannya.

d.   Pengangguran Setengah Menganggur,
Pengangguran Setenga Menganggur adalah yang termasuk golongan ini adalah pekerja yang jam kerjanya dibawah jam kerja normal (hanya 1-4 jam sehari). Disebut
Underemployment.
Contohnya : adalah Guru TK



Sumber:
http://www.zonasiswa.com/2014/12/pengangguran-pengertian-jenis-penyebab.html
http://angelicasavitrie.blogspot.co.id/2016/04/pengangguran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar